Selasa, 25 September 2012

PERAN PEPTIDA-YY DALAM PENGATURAN ASUPAN MAKANAN PADA PENDERITA OBESITAS


RIVIEW ILMIAH POPULER

Vol. 1, No.1, April 2009. Hal : 65-73
Christina Olly Lada
Staf Dosen Jurusan Gizi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat, Undana

 
Jumlah penderita obesitas  terutama di kota besar semakin meningkat. Pada suatu studi observasional telah diketahui bahwa obesitas merupakan faktor risiko mayor untuk beberapa penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus tipe II, hipertensi, stroke kanker payudara, endometrium, prostate serta kolon (Must dan McKeown, 2006). Oleh karena itu, maka perlu dilakukan pencegahan dan penanganan sedini mungkin terhadap penderita obes.
Penyebab obesitas adalah multifaktorial. Beberapa dekade ini telah dilakukan berbagai macam penelitian tentang penyebab obesitas, dan hasil dari penelitian-penelitian tersebut ditemukan senyawa-senyawa baru yang terlibat dalam pengaturan metabolisme dan asupan energi pada penderita obesitas.  Salah satu senyawa penting yang berperan dalam pengaturan asupan makanan adalah peptida YY (PYY). PYY merupakan senyawa yang tersusun dari 36 asam amino, diproduksi di ileum dan kolon serta mempunyai fungsi menekan nafsu makan jangka pendek karena efeknya bertahan hingga 12 jam (Stanley dkk, 2003; Essah dkk, 2007).
Penelitian Batterham dkk (2003) menemukan bahwa kadar PYY darah pada subyek obes setelah makan lebih rendah dari kadar PYY darah subyek normal (Essah dkk, 2007). Sehingga rasa lapar pada penderita obes lebih cepat timbul dibandingkan dengan orang normal. Mekamisme pengaturan keseimbangan energi adalah mekanisme yang rumit, melibatkan banyak senyawa dan tidak dapat berdiri sendiri, walaupun demikian dalam makalah   ini   hanya   dibahas     satu senyawa yaitu PYY, karena PYY mempunyai efek jangka pendek yang langsung terlihat. Sampai saat ini belum ada kesepakatan bersama mengenai efektifitas PYY eksogen dalam mengatur asupan makanan jangka pendek, namun beberapa industri telah memproduksi preparat ini, yang penggunaannya bertujuan untuk menekan nafsu makan jangka pendek, sedangkan penelitian tentang dosis aman, efek samping penggunaan PYY eksogen belum banyak dilakukan.

Tidak ada komentar: